Tulisan ini dengan niat Ikhlas ingin memberikan sumbangan pengetahuan dan pemikiran agar bisa memberikan petunjuk yang lurus dalam mengamlkan ajaran Islam. Dengan jalan 'ijazah' setelah dipelajari.

Monday, November 13, 2017

Kisi-Kisi Soal USBN PAI SMK 2016

KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SMK TAHUN 2015/2016
Kurikulum Tahun 2013


No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok



Indikator Soal


No.





Urut











Menganalisis QS. Al-Anfal (8) : 72);
QS. Al-Anfal (8) : 72); QS. Al-Hujurat (49) :
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang kontrol


QS. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS.
12; dan QS. Al-Hujurat (49) : 10; serta Hadis
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan

1.
AlHujurat (49) : 10; serta Hadis tentang
persaudaraan (ukhuwah) yang tidak lengkap, peserta didik
1
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
dapat melengkapi ayat tersebut.



prasangka baik (husnuzzhan), dan




prasangka baik (husnuzzhan), dan









persaudaraan (ukhuwah).









persaudaraan (ukhuwah).
























Memahami manfaat dan hikmah kontrol
Manfaat dan hikmah kontrol diri
Disajikan ilustrasi tentang perilaku kontrol diri (mujahadah an-


diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(mujahadah an-nafs), prasangka baik
nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan



(ukhuwah), peserta didik dapat menunjukkan hikmahnya.

2.
(husnuzzhan) dan persaudaraan
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah),
2








(ukhuwah), dan menerapkannya dalam









dan menerapkannya dalam kehidupan.









kehidupan.
























Menganalisis QS. Al-Isra’ (17) : 32, dan
QS. Al-Isra’ (17) : 32, dan QS. An-Nur (24)
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang larangan

3.
QS. An-Nur (24) : 2, serta Hadis tentang
pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat

3
larangan pergaulan bebas dan perbuatan
: 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan
mengidentifikasi hukum tajwid pada ayat tersebut.


bebas dan perbuatan zina.



zina.










Memahami manfaat dan hikmah
Manfaat dan hikmah larangan pergaulan
Disajikan narasi tentang kasus pergaulan bebas dan perbuatan

4.
larangan pergaulan bebas dan perbuatan
zina,
peserta
didik
dapat
menganalisis
hikmah  larangan
4

zina.
bebas dan perbuatan zina
pergaulan bebas dan perbuatan zina.














Memahami makna Asmaul Husna: al-
Iman kepada Allah Swt (Asmaul Husna:
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan al-


Kariim, alMu’min, al-Wakiil, al-
Kariim,  al-Mu’min,
al-Wakiil,  al-Matiin,
al-Jaami’,
al-‘Adl,

5.
alKariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
5
Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-
dan  al-Akhiir,
peserta  didik
dapat  menganalisis  makna  dari

alJaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)


Akhiir;
sifat Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.














Disajikan  contoh  kasus  tentang  kehidupan  di  masyarakat

6.
Memahami makna beriman kepada
Iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
zaman
sekarang,  peserta  didik  dapat  menunjukkan
contoh
6
malaikat-malaikat Allah Swt.
perilaku  yang  mencerminkan  keimanan  terhadap  malaikat






malaikat Allah Swt.





















Memahami Q.S. At-Taubah (9): 122 dan

Ditampilkan kutipan hadis tentang semangat menuntut ilmu,

7.
Hadis terkait tentang semangat menuntut
Semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menerapkan  dan  menyampaikannya  kepada  sesama,  peserta
7
ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama.
didik dapat menyimpulkan kandungan hadis tersebut.



menyampaikannya kepada sesama.









Memahami kedudukan Alquran,

Disajikan pernyataan tentang sumber hukum Islam, peserta

8.
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber
Sumber hukum Islam
didik dapat menunjukkan fungsi sumber hukum Islam.
8

hukum Islam.











Disajikan wacana tentang permasalahan pengelolaan wakaf,

9.
Memahami pengelolaan wakaf
Pengelolaan wakaf
peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat pengelolaan
9



wakaf bagi umat.









Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah

10.
Memahami substansi dan strategi
Meneladani Perjungan Rasulullah saw di
saw periode Makkah, peserta didik dapat mengidentifikasi
10
dakwah Rasullullah saw. di Mekah
Mekkah.
perilaku yang sesuai dengan semangat dakwah Rasululullah





saw di Makkah.







Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48;

Ditampilkan  kutipan  salah  satu  ayat  Alquran  tentang  taat,


Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S.
Ayat-ayat al-Qur,an tentang taat, kompetisi
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat

11.
AtTaubah (9) : 105, serta Hadis tentang
menunjukkan terjemahan teks ayat tersebut.
11.
dalam kebaikan, dan etos kerja.

taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos



kerja








12.
Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41

Ditampilkan  kutipan  salah  satu  ayat  Alquran/Hadis  tentang


dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta Hadis
Ayat-ayat Alquran tentang toleransi dan
toleransi, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan dalil
12.

tentang toleransi dan menghindarkan diri
tersebut.


dari tindak kekerasan.
menghindarkan diri dari tindak kekerasan.





Ditampilkan   kutipan   salah   satu   ayat   Alquran   tentang








menghindarkan diri dari tindak kekerasan, peserta didik dapat
13.



mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.






13.
Memahamimaknaimankepada
Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Disajikan  contoh  kasus  tentang  kehidupan  di  masyarakat,
14.

Kitabkitab Allah SWT

peserta  didik  dapat  menunjukkan  contoh  perilaku  yang



mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt.






14.


Ditampilkan kisah singkat rasul Allah Swt, peserta didik dapat


Memahami makna iman kepada

menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul
15.

Rasulrasul Allah SWT
Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
Allah.




Disajikan sejarah singkat rasul Allah Swt, peserta didik dapat




menunjukkan dalil tentang Nabi Muhammad saw sebagi rasul
16.



terakhir.








15.
Memahami bahaya perilaku tindak

Disajikan ilustrasi tentang perilaku tindak kekerasan, peserta


kekerasan dalam kehidupan
Bahaya perilaku tindak kekerasan.
didik dapat mengidentifikasi bahaya yang ditimbulkan sebagai
17.



akibat tindak kekerasan.















Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat
18.

Menelaah prinsip-prinsip dan praktik

mengidentifikasi  bahaya riba.






Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam






16.
ekonomi dalam Islam
Disajikan
ilustrasi
tentang kerjasama
ekonomi
dalam
Islam,

Islam.



peserta  didik  dapat  menentukan  contoh  kerjasama  ekonomi
19.






dalam Islam.













17.
Memahami pelaksanaan tatacara
Penyelenggaraan jenazah
Disajikan  ilustrasi  tentang  kematian,  peserta  didik  dapat


penyelenggaraan jenazah.

menunjukkan tata cara mengkafani jenazah.


20.














Disajikan
ilustrasi
tentang
kematian,
peserta
didik
dapat
21.



menunjukkan urutan rukun shalat jenazah.














18.
Memahami pelaksanaan khutbah,

Disajikan deskripsi
tentang khutbah, tabligh dan da’wah,


tabligh dan dakwah
Khutbah, tabligh dan dakwah.
peserta didik dapat mengidentifikasi metode dalam berdakwah.
22.











19.


Disajikan

sejarah
singkat
perkembangan
Islam
Masa


Menelaah perkembangan peradaban

Kejayaan, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan pada
23.

Islam pada masa kejayaan
Islam pada Masa Kejayaan.
Masa Kejayaan.











Disajikan sejarah singkat perkembangan
Islam Masa





Kejayaan,  peserta  didik  dapat  menunjukkan  contoh  karya
24.



ilmuwan muslim pada Masa Kejayaan.











Menelaah perkembangan Islam pada

Disajikan  sejarah  singkat  perkembangan  Islam  pada  Masa

20.
masa modern (1800- sekarang)
Islam pada Masa Modern.
Modern,  peserta  didik  dapat  mengidentifikasi  pemikiran
25.



cendekiawan muslim pada Masa Modern.











Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang berfikir


Menganalisis Q.S. Ali Imran (3):

kritis
dan
bersikap
demokratis,
peserta
didik
dapat
26.

Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali
mengidentifikasi hukum bacaan tajwid.






190191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159,






Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang  berpikir


serta hadis tentang berpikir kritis dan


kritis dan bersikap demokratis,
kritis
dan
bersikap
demokratis,
peserta
didik
dapat
27.

bersikap demokratis,


menunjukkan terjemahan ayat tersebut.


















21.


Disajikan ayat Alqur’an tentang berpikir kritis dan bersikap




demokratis, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan
28.



ayat tersebut.



























Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. AlBaqarah
Disajikan kutipan salah satu ayat Alquran tentang saling


dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta Hadis
menasihati dan berbuat baik (Ihsan), peserta didik dapat

22.
tentang saling menasihati dan berbuat
(2): 83, serta Hadis tentang saling menasihati
menunjukkan hukum bacaan tajwid.
29.

baik (ihsan).
dan berbuat baik (ihsan).










Disajikan deskripsi pengertian iman kepada hari akhir peserta




didik dapat menganalisis pengertian hari akhir menurut ilmu
30.



pengetahuan.









Disajikan wacana tentang perilaku manusia dalam kehidupan



Iman kepada Hari Akhir.
sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis tanda- tanda
31.


beriman kepada hari akhir.


Memahami makna iman kepada Hari


23.
Akhir.

Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat,




peserta didik dapat menunjukkan hikmah iman kepada hari
32.



akhir.









Disajikan  contoh  kasus  tentang  kehidupan  di  masyarakat,




peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam takdir.
33.








Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik




dapat menunjukkan contoh sikap menerima takdir Allah Swt.
34.

Memahami makna iman kepada Qadha
Iman kepada Qadha dan Qadar.


24.
dan Qadar.

Disajikan wacana tentang kehidupan seseorang, peserta didik




dapat mengemukakan hikmah iman kepada qadha dan qadar.
35.






Memahami hikmah dan manfaat saling
Saling menasehati dan berbuat baik(ihsan)
Ditampilkan ilustrasi tentang saling menasehati,  peserta didik

25.
menasehati  dan  berbuat  baik  (ihsan)
dalam kehidupan
dapat menunjukkan hikmah /manfaat saling menasihati..
36.

dalam kehidupan.











Disajikan ketentuan hukum pernikahan dalam Islam, peserta




didik dapat menjelaskan hukum pernikahan.
37.








Disajikan hadis tentang kriteria memilih calon suami/istri,




peserta didik dapat mengidentifikasi cara memilih calon
38.



suami/ istri.









Disajikan ilustrasi tentang talak, peserta didik dapat
39.

Memahami ketentuan pernikahan dalam
Pernikahan dalam Islam.
mengidentifikasi macam-macam talak.


26.
Islam.

Disajikan kutipan ayat Alquran tentang pernikahan , peserta












didik dapat menunjukkan tujuan pernikahan sesuai dengan
40.



ayat tersebut.













Memahami hak dan kedudukan wanita

Disajikan narasi tentang pernikahan, peserta didik dapat
41.

Hak dan kedudukan wanita dalam keluarga
menunjukkan kewajiban isteri dalam rumah tangga.



dalam keluarga berdasarkan hukum



27.
berdasarkan hukum Islam
Disajikan deskripsi tentang pernikahan ,peserta didik


Islam




menunjukkan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga
42.






berdasarkan hukum Islam.














Disajikan ilustrasi tentang ketentuan
waris, peserta didik




dapat mengidentifikasi
sebab-sebab seseorang mendapat harta
43.



waris.
















Disajikan beberapa pernyataan tentang ahli waris, peserta
44.



didik dapat menunjukkan bagian ahli waris.


















Disajikan ilustrasi tentang wafatnya sesesorang, peserta didik

28.


dapat menunjukan hal-hal yang harus dilakukan






sebelum pembagian harta waris.




45.

Memahami ketentuan waris dalam











Islam.












Ketentuan Waris dalam Islam.
Disajikan ilustrasi wafatnya seseorang dengan
meninggalkan




sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik
46.



dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing




ahli waris.















Strategi dakwah dan perkembangan Islam
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di
Indonesia,


Memahami strategi dakwah dan
peserta
didik
dapat
menjelaskan
macam-macam
strategi
47.

di Indonesia.

dakwah Islam di Indonesia.






perkembangan Islam di Indonesia.






29.


Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia,




peserta  didik  dapat  menunjukkan  bukti  masuknya  Islam  ke
48.



Indonesia pada abad ke-1 H/7 M.














Disajikan  sejarah  singkat  perkembangan  Islam
di  dunia,


Menganalisis   faktor-faktor kemajuan

peserta
didik
dapat
menunjukkan
alasan
Islam
mudah
49.

dan  kemunduran  peradaban  Islam  di
Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.
berkembang di dunia.






30.
dunia.

Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta




didik dapat menunjukkan faktor-faktor  kemunduran
Islam di
50.



dunia.






















Share:

1 comment:

  1. youtube,betting,videos,poker,courses,tables,sliced.com - Videoodl
    Watch YouTube videos like "The Best Gambling" by Quentin Franks – Free YouTube videos and clips. I'm still looking for YouTube channels for my youtube to mp3 download youtube channel!

    ReplyDelete