UJIAN
SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMK TAHUN
2015/2016
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
No.
|
||||||||
QS.
Al-Anfal (8)
|
Ditampilkan
kutipan salah satu ayat Alquran tentang kontrol
|
||||||||||
QS.
Al-Hujurat (49) : 12; dan QS.
|
12;
|
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
|
|||||||||
1.
|
AlHujurat
(49) : 10; serta Hadis tentang
|
persaudaraan
(ukhuwah) yang tidak lengkap,
peserta didik
|
1
|
||||||||
dapat
melengkapi ayat tersebut.
|
|||||||||||
prasangka
baik (husnuzzhan), dan
|
|||||||||||
prasangka
baik (husnuzzhan), dan
|
|||||||||||
Memahami
manfaat dan hikmah kontrol
|
Manfaat
dan hikmah kontrol diri
|
Disajikan
ilustrasi tentang perilaku kontrol diri (mujahadah
an-
|
|||||||||
(
|
nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan
|
||||||||||
(ukhuwah), peserta didik dapat
menunjukkan hikmahnya.
|
|||||||||||
2.
|
(
|
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah),
|
2
|
||||||||
(ukhuwah),
dan menerapkannya dalam
|
|||||||||||
dan
menerapkannya dalam kehidupan.
|
|||||||||||
QS. Al-Isra’
(17) : 32, dan QS.
|
Ditampilkan
kutipan salah satu ayat Alquran tentang larangan
|
||||||||||
3.
|
QS.
|
pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat
|
3
|
||||||||
larangan
pergaulan bebas dan perbuatan
|
: 2,
serta Hadis tentang larangan pergaulan
|
mengidentifikasi
hukum tajwid pada ayat tersebut.
|
|||||||||
bebas
dan perbuatan zina.
|
|||||||||||
Memahami
manfaat dan hikmah
|
Manfaat
dan hikmah larangan pergaulan
|
Disajikan
narasi tentang kasus pergaulan bebas dan perbuatan
|
|||||||||
4.
|
larangan
pergaulan bebas dan perbuatan
|
4
|
|||||||||
bebas
dan perbuatan zina
|
pergaulan
bebas dan perbuatan zina.
|
||||||||||
Memahami
makna Asmaul Husna: al-
|
Iman
kepada Allah Swt (Asmaul Husna:
|
Disajikan
narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan al-
|
|||||||||
Kariim,
alMu’min, al-Wakiil, al-
|
al-Wakiil,
al-Matiin,
|
||||||||||
5.
|
alKariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
|
5
|
|||||||||
Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-
|
dapat
menganalisis makna dari
|
||||||||||
alJaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
|||||||||||
sifat
Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.
|
|||||||||||
Disajikan contoh
kasus tentang kehidupan
di masyarakat
|
|||||||||||
6.
|
Memahami
makna beriman kepada
|
Iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
|
sekarang,
peserta didik dapat
menunjukkan
|
6
|
|||||||
malaikat-malaikat
Allah Swt.
|
|||||||||||
Memahami
bahaya perilaku tindak
|
Disajikan
ilustrasi tentang perilaku tindak kekerasan, peserta
|
|||||||||||||
Bahaya
perilaku tindak kekerasan.
|
didik
dapat mengidentifikasi bahaya yang ditimbulkan sebagai
|
17.
|
||||||||||||
Disajikan
deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat
|
18.
|
|||||||||||||
Menelaah
prinsip-prinsip dan praktik
|
||||||||||||||
Prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam
|
||||||||||||||
16.
|
Islam,
|
|||||||||||||
Islam.
|
||||||||||||||
peserta didik
dapat menentukan contoh
kerjasama ekonomi
|
19.
|
|||||||||||||
17.
|
Disajikan ilustrasi
tentang kematian, peserta
didik dapat
|
|||||||||||||
menunjukkan
tata cara mengkafani jenazah.
|
20.
|
|||||||||||||
21.
|
||||||||||||||
menunjukkan
urutan rukun shalat jenazah.
|
||||||||||||||
18.
|
tentang khutbah, tabligh dan da’wah,
|
|||||||||||||
Khutbah,
tabligh dan dakwah.
|
peserta
didik dapat mengidentifikasi metode dalam berdakwah.
|
22.
|
||||||||||||
19.
|
sejarah
|
singkat
|
perkembangan
|
Islam
|
Masa
|
|||||||||
Menelaah
perkembangan peradaban
|
Kejayaan,
peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan pada
|
23.
|
||||||||||||
Islam
pada masa kejayaan
|
Islam
pada Masa Kejayaan.
|
Masa
Kejayaan.
|
||||||||||||
Disajikan
sejarah singkat perkembangan
|
Islam Masa
|
|||||||||||||
Kejayaan, peserta
didik dapat menunjukkan
contoh karya
|
24.
|
|||||||||||||
ilmuwan
muslim pada Masa Kejayaan.
|
||||||||||||||
Menelaah
perkembangan Islam pada
|
Disajikan sejarah
singkat perkembangan Islam
pada Masa
|
|||||||||||||
20.
|
masa
modern (1800- sekarang)
|
Islam
pada Masa Modern.
|
Modern, peserta
didik dapat mengidentifikasi pemikiran
|
25.
|
||||||||||
cendekiawan
muslim pada Masa Modern.
|
||||||||||||||
Ditampilkan
kutipan salah satu ayat Alquran tentang berfikir
|
||||||||||||||
kritis
|
dan
|
bersikap
|
demokratis,
|
26.
|
||||||||||
Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali
|
mengidentifikasi
hukum bacaan tajwid.
|
|||||||||||||
190191,
dan Q.S. Ali Imran (3): 159,
|
||||||||||||||
Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir
|
Ditampilkan
kutipan salah satu ayat Alquran tentang
berpikir
|
|||||||||||||
serta
hadis tentang berpikir kritis dan
|
||||||||||||||
kritis dan bersikap demokratis,
|
kritis
|
dan
|
bersikap
|
demokratis,
|
27.
|
|||||||||
bersikap
demokratis,
|
||||||||||||||
menunjukkan
terjemahan ayat tersebut.
|
||||||||||||||
21.
|
Disajikan
ayat Alqur’an tentang berpikir kritis dan bersikap
|
|||||||||||||
demokratis,
peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan
|
28.
|
|||||||||||||
ayat
tersebut.
|
||||||||||||||
youtube,betting,videos,poker,courses,tables,sliced.com - Videoodl
ReplyDeleteWatch YouTube videos like "The Best Gambling" by Quentin Franks – Free YouTube videos and clips. I'm still looking for YouTube channels for my youtube to mp3 download youtube channel!